SUTARMAN KUNJUNGI MIS DARUL ULUM TOLOLAI BIMA


Minggu pagi yang cerah (7/9), sekitar pukul 10.30 Wita, Ir. H. Sutarman Joy, MM. sepulang dari silahturahmi keluarga di Lelamase, duduk santai di Villa KOSAMBO – Mande III Kota Bima. Sembari menikmati keindahan pagi, terbesit keinginannya untuk mengunjungi MIS (Madrasah Ibtadiiyah Swasta) Darul Ulum Tololai kecemata Ambalawi. 3 mobil pun disiapkan untuk mengunjungi MIS tersebut yang jaraknya sekitar 35 km atau 45 menit perjalanan dari Kota Bima.

H. Sutarman didampingi oleh Ketua KOSAMBO, Irvan Heflin, beberapa Pengurus Kosambo, Civitas BABUJU serta wartawan Kompas, Bung Khairul,  yang memang sudah mengagendakan kunjungan tersebut. 45 menit kemudian, rombongan memasuki wilayah Pusat kecamatan Ambalawi di Tolowata, Mobil melaju pelan-pelan menyisir panorama pinggir pantai yang indah.

Letak MIS Darul Ulum Tololai, memang begitu strategis, suasana yang begitu tenang, desiran gelombang yang syahdu terdengar indah. MIS Darul Ulum Tololai dibangun oleh Pak M. Saleh atau biasa disapa dengan panggilan Alan, seorang Supir Bus Malam yang tergugah melihat kondisi pendidikan generasi Tololai pada khususnya. Hingga saat ini Alan masih sebagai Sopir Bus Malam Antar Kota Dalam Propinsi (AKDP), setengah dari Gajinya sebagai seorang Supir diserahkan kepada Kepada Kepala Sekolah MIS Darul Ulum guna menggaji Para Guru Pengajar dan kebutuhan lain.

Atas perjuangan dan usahanya membangun sekolah tersebut, Pak Alan mendapatkan Penganugerahan Dari Dompet Duafa Award 2014 sebagai ‘Pejuang Pendidikan Indonesia 2014’ yang diterimanya di Jakarta, 20 Agustus 2014 yang lalu. Sekolah tersebut sejak tahun 2009 dibangun hingga tahun ini, baru sekali mendapat bantuan dana BOS dari Depag, yaitu pada tahun 2013 yang lalu, itupun cukup untuk mengganti Rumbia sebagai atap dengan Seng serta untuk membuat meja dan bangku yang baru untuk murid. Tidak itu saja, di MIS Darul Ulum ini, Alan sebagai Ketua Yayasan dan Siti Rohana S.Pd sebagai Kepala Sekolah, menggratiskan Pendidikan untuk siswa/i , mulai dari Pakaian Seragam hingga buku-buku tulis. Pendidikan Gratis ini sejak mulai masuk kelas I hingga kelas VI nanti.

Ir. H. Sutarman Joy, dihadapan Para Guru, Kepala Sekolah dan Pak Alan, menyerahkan Bantuan uang sebesar Rp 10.000.000 guna untuk membeli Buku Pelajaran dan Lemari penyimpan Buku. Disamping itu, ia meminta agar sementara sebagian lantai yang sudah berlubang untuk di cor dl. “Sebenarnya saya ingin membelikan Buku Pelajaran dan Lemari untuk dibawa kesini sebagai Bantuan Peduli KOSAMBO, namun karena tidak mungkin dalam waktu yang mepet begini saya pergi borong, lagipula saya tidak tau Buku pelajaran apa saja yang menjadi Pedoman disini. Jadi saya serahkan saja dalam bentuk Uang” Ungkapnya saat menyerahkan bantuan tersebut.

Bantuan yang diterima langsung oleh Siti Rohana, S.Pd, Kepala Sekolah MIS Darul Ulum dan didampingi oleh Pak Alan sebagai ketua Yayasan Darul Ulum Tololai serta disaksikan oleh para Guru pengajar yang kebetulan sejak pagi hadir untuk Pengajian bersama siswa/i MIS Darul Ulum yang memang menjadi Agenda rutin minggu pagi.

Tak henti-hentinya Kepala Sekolah mengucapkan terima kasih kepada KOSAMBO khususnya H. Sutarman dan Civitas BABUJU yang telah mengangkat MIS Darul Ulum Tololai hingga dikenal oleh berbagai pihak serta kepada KOSAMBO atas apresiasi Kepeduliannya dengan ikut membantu mencerdaskan generasi Tololai melalui MIS Darul Ulum ini. “Terima Kasih BABUJU, tanpa BABUJU, mungkin Sekolah kami tidak diketahui meski berada di pinggir jalan lintas Wera – Ambalawi, demikian juga KOSAMBO, karena bantuan ini cukup berarti bagi kami dan siswa/i disini. Sekali lagi terima kasih” Pujanya bersyukur.

Rombongan KOSAMBO dan BABUJU pun kembali ke Kota pada pukul 12.20 Wita setelah beberapa saat berbincang-bicang ringan dengan para Guru dan melihat sekolah sekeliling. Rasa Kepedulian seperti ini yang mesti ditumbuh kembangkan di Dana Mbojo sebagai bentuk apresiasi atas setiap gerakan Positif serta setiap aksi nyata membangun Bima. (RB) 
Share this article :

KLIK GAMBAR DIBAWAH INI UNTUK KE ARTIKEL LAINNYA