DANA DESA BERBUAH LAPANGAN BERSTANDAR FIFA


SAKTI LODAYA, Sebuah lapangan sepakbola bertaraf internasional, dibangun di atas lahan milik pemerintah desa, di Desa Cisayong, Tasikmalaya, Jawa Barat, dengan menggunakan anggaran dari dana desa sebesar Rp1,4 miliar. Lapangan seluas 93 x 54 meter tersebut memakai rumput Zoysia matrella yang sengaja didatangkan dari Eropa sesuai standar FIFA.

Rumput Zoysia matrella, dikenal memiliki kualitas tinggi, kerapatan, elastisitas, dan kemampuan menahan beban, pemulihan diri yang cepat, dan perakaran yang sempurna sehingga hal itu bisa mengurangi risiko cedera bagi para pemain.

Kepala Desa Cisayong Yudi Cahyudin mengatakan, Selama ini anggaran dari pemerintah daerah hanya cukup untuk perbaikan jalan, irigasi, dan renovasi madrasah. Setelah mendapatkan kucuran dana desa dari pemerintah pusat, Cisayong mampu membangun sarana olahraga yang sebelumnya tidak terbayangkan.

Menurutnya, Dengan adanya lapangan tersebut akan membawa perubahan positif di masa depan. Masyarakat pun bisa memanfaatkan lapangan itu sebagai tempat rekreasi dan jogging. Kalau untuk main sepakbola, kami sewakan dengan biaya Rp500 ribu per sekali main. "Urusan sewa lapangan, dikelola secara professional oleh Badan usaha milik desa (BUM-Des) Sakti Lodaya." pungkas Yudi.
#EpaperMI #DanaDesa

***
Share this article :

KLIK GAMBAR DIBAWAH INI UNTUK KE ARTIKEL LAINNYA