VANISHA AMELIA, CIPTAKAN CAMILA DARI BONGGOL PISANG


VANISHA Amelia dibantu dua rekannya Latifatul Fadhilah dan Niken Ariningtyas melakukan riset bonggol pisang selama kurang lebih dua pekan. Hasil riset yang mereka lakukan, selain mengandung karbohidrat setara nasi, bonggol pisang juga kaya akan serat sehingga baik untuk pencernaan.

Agar bisa diolah menjadi panganan layak konsumsi, bonggol pisang harus diiris tipis terlebih dahulu. Setelah itu, irisan tersebut dicuci bersih dan direndam dalam air kapur.

Perendaman ini untuk menghilangkan getah yang masih menempel pada bonggol pisang. Setelah direndam, irisan bonggol kembali dicuci dan dikukus. Baru, kemudian digoreng dan diberi bumbu sesuai selera. "Ini sudah kami lakukan riset dan dipastikan aman untuk dikonsumsi," imbuhnya.

Camilan yang diberi nama Tera Bonggol Pisang ini diklaim memiliki tekstur yang unik. Meskipun melalui proses penggorengan, namun camilan ini tidak renyah dan tetap mempunyai tekstur kenyal.

Kreasi siswa ini mendapat apresiasi dari pihak sekolah. Kepala Sekolah MAN 1 Tulungagung Sugeng Riyadi mendukung penuh setiap riset yang dilakukan siswanya, bahkan akan membantu pengembagan riset tersebut.

"Seperti camilan ini, kami akan membantu untuk bisa dipasarkan, minimal di sekolah sendiri sehingga bisa menjadi tambahan saku bagi siswanya," ujar Sugeng.(OL-5)

Sumber: Media Indonesia
#Inspiratif #Creatif
***
Share this article :

KLIK GAMBAR DIBAWAH INI UNTUK KE ARTIKEL LAINNYA